Jumat, 12 Juni 2020

Yuk, Kenali Istilah-Istilah Dalam Dunia Kopi!



Urusan kopi ternyata tidak melulu tentang menuang air panas ke dalam gelas yang sudah berisi biji kopi yang dihaluskan. Rupanya ada banyak istilah-istilah yang ‘berseliweran’ di dunia tersebut. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!


·        Espresso


Pengertian Espresso merupakan ekstrak kopi premium yang keluar saat air panas di-mix dengan tekanan tinggi ke serbuk biji kopi.

·       Affogato 


Affogato adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan jenis minuman kopi yang telah dicampur dengan es krim. Urutannya adalah es krim (seringnya menggunakan rasa vanilla) diletakkan ke dalam gelas saji lalu satu gelas Espresso dituang ke atas es krim tersebut.

·       Americano


Sudah sering dengar, bukan? Sebenarnya Americano adalah satu gelas Espresso yang dicairkan dengan air panas.

·       Latte


Pada dasarnya minuman ini adalah Espresso yang di-mix dengan susu. Namun sebelumnya, susu akan dipanaskan terlebih dahulu sebelum dicampurkan. Terkadang bisa ditambahkan perasa seperti vanilla, hazelnut, atau caramel.

·       Macchiato


Perpaduan antara 1-2 gelas Espresso dengan tambahan buih susu yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.

·       Mocha


Hampir sama dengan Macchiato, hanya saja biasanya diberi tambahan berupa sirup coklat.

·       Drip Coffee


Tetesan kopi yang didapatkan dari proses brewing atau penyeduhan. Kopi dihasilkan dari bubuk kopi yang diletakkan pada filter kemudian disiram air panas dan didiamkan dulu hingga dingin.

·       French Press


Proses penyeduhan biji kopi yang telah digiling menggunakan press pot lalu disiram dengan air panas lalu ditekan sehingga menyisakan ekstrak kopi pada bagian atas pot.

·       Vacuum Brewer

Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Salah satu metode penyeduhan kopi tanpa meninggalkan ampas yang banyak. Alat yang digunakan berupa pot bawah yang berisi air untuk dipanaskan, lalu di atasnya terdapat filter dan tabung siphon.

·       Pour Over


Metode ini paling jamak dilakukan oleh sebagian besar masyarakat karenda tidak memerlukan alat. Cukup dengan mencampur kopi dengan air panas lalu diaduk hingga rata.

Kopi Biko, meski hanya perlu diseduh dengan teknik pour over, tapi rasa kopi yang dihasilkan sangat enak. Persis seperti rasa kopi premium lainnya yang harganya cukup membuat terkejut. Sejak mulai penanaman, bibit yang dipilih adalah kualitas terbaik. Untuk biji kopi yang digiling, dipilih dari biji yang matang merata dan tidak memiliki kandungan air terlalu banyak agar rasanya semakin nikmat dan menyegarkan.




INGIN BELI KOPI PREMIUM TANPA KELUAR RUMAH? CHECK THIS LINK BELOW!

👉 WHATSAPP
👉 WEBSITE
👉 INSTAGRAM
👉 TOKOPEDIA
👉 BUKALAPAK
👉 FACEBOOK


Mau order atau jadi RESELLER Biko Kopi Premium? Silakan kontak Whatsapp 08111143999 🤗

Bisa juga dibeli di:
✅ Website 👉 https://kopipremium.id
✅ Shopee 👉 https://shopee.co.id/kopibiko
✅ Tokopedia 👉 https://tokopedia.com/bikocoffee-1
✅ Bukalapak 👉 https://bukalapak.com/u/bikocoffee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Es Kopi Gula Aren: Racikan Kopi Premium Kekinian Yang Wajib Dicoba di Rumah

Menikmati kopi premium tidak selamanya harus dengan air yang panas, at...