Minggu, 16 Agustus 2020

Penikmat Kopi Wajib Tahu Perbedaan Americano dan Longblack




 

Kopi hitam merupakan varian kopi yang memiliki banyak penggemar meskipun ada banyak varian kopi lainnya. Kopi hitam sendiri merupakan sajian kopi paling tradisional karena paling mudah dibuat. Kopi ini memiliki beberapa varian mulai dari kopi tubruk, Espreso, Americano, hingga Longblack. Yang membedakan varian kopi hitam ini adalah dari cara penyeduhan dan penyajiannya biji kopi.

Varian kopi hitam yang sangat mirip bagaikan saudara kembar adalah Americano dan Longblack. Kedua varian kopi hitam ini sama-sama berasal dari espresso based. Meskipun demikian keduanya tetap memiliki perbedaan. Sesuai dengan namanya, Americano merupakan kopi premium yang berasal dari Amerika. Sedangkan Longblack merupakan varian kopi hitam yang banyak dinikmati oleh pecinta kopi di Australia.

Perbedaan utama antara Americano dengan Longblack terletak pada cara penyajiannya. Americano terbuat dari campuran air panas dan kopi espresso. Cara menyajikan Americano adalah dengan menyiapkan espresso terlebih dahulu, baru kemudian ditambah dengan air panas. Americano nyaris tidak mempunyai krema. Hal ini dikarenakan krema pecah saat tersiram air panas.

Sedangkan pada Longblack karena cara penyajiannya dengan menuangkan air panas terlebih dahulu. Setelahnya baru dicampur dengan kopi espresso. Sehingga pada Longblack terdapat lapisan krema pada permukaannya. Krema merupakan lapisan busa tipis yang berwarna keemasan yang ada di atas permukaan espresso.

Selain cara penyajiannya, perbedaan kedua varian kopi hitam ini juga terletak pada espresso based yang dipakai. Americano umumnya dibuat menggunakan regular espresso. Sedangkan Longblack menggunakan long shot espresso. Karena menggunakan long shot espresso sehingga Longblack memiliki rasa kopi yang lebih kuat daripada Americano.

Meskipun sama-sama kopi hitam, ternyata Americano dan Longblack tetap memiliki perbedaan. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi jika hendak memesan kopi hitam di kedai kopi. Atau juga bisa dengan membuatnya sendiri di rumah.

Selain menggunakan espresso, kedua jenis kopi ini juga bisa dibuat dengan mudah menggunakan drip coffee. Meskipun rasa kopinya tidak sekuat menggunakan espresso, tetapi tetap nikmat, lho. Anda bisa membuat kopi ala-ala kedai kopi dengan kopi hitam yang ada di rumah. Jadi tetap bisa menikmati kopi hitam favorit meskipun hanya di rumah saja.



INGIN BELI KOPI PREMIUM TANPA KELUAR RUMAH? CHECK THIS LINK BELOW!

👉 WHATSAPP
👉 WEBSITE
👉 INSTAGRAM
👉 TOKOPEDIA
👉 BUKALAPAK
👉 FACEBOOK



Mau order atau jadi RESELLER Biko Kopi Premium? Silakan kontak Whatsapp 08111143999 🤗

Bisa juga dibeli di:
✅ Website 👉 https://kopipremium.id
✅ Shopee 👉 https://shopee.co.id/kopibiko
✅ Tokopedia 👉 https://tokopedia.com/bikocoffee-1
✅ Bukalapak 👉 https://bukalapak.com/u/bikocoffee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Es Kopi Gula Aren: Racikan Kopi Premium Kekinian Yang Wajib Dicoba di Rumah

Menikmati kopi premium tidak selamanya harus dengan air yang panas, at...