Senin, 12 Oktober 2020

Jatuh Miskin Padahal Masih Punya Hybrido De Timor!

 



Setelah sekian lama berpisah dengan Indonesia, kini Timor Leste disebut sudah menjadi negara termiskin di dunia, dengan urutan peringkat 152 dari 164 negara termiskin. Dibayang-bayangi kemiskinan yang kian hari semakin nyata, Ramos Horta menyalahkan bank BUMN milik Indonesia. Ibarat biji kopi yang terinjak dan ditinggalkan, Timor Leste merasa diacuhkan begitu saja, tanggap Ramos.

Ditambah lagi dengan pandemi yang saat ini dialami oleh banyak negara, membuat pemasukan di negara tersebut semakin menipis. Dan menurut survey dari MPI 2020 juga menyatakan bahwa Timor Leste memiliki nilai kemiskinan sampai dengan 0,201 atau 45,8 persen.

Padahal Timor Leste sendiri memiliki kopi premium yang menjadi kopi paling unik di dunia, khususnya untuk pecinta kopi. Kopi hybrid, yang merupakan hasil persilangan alami antara kopi Arabika yang berasal dari salah satu freetown di dunia dengan kopi lainnya yang tidak kalah enaknya, yakni kopi robusta. Dengan persilangan kedua kopi yang sudah terkenal memiliki cita rasa yang nikmat, maka terciptalah kopi Hybrido De Timor. Varietas kopi terlangka dan terunik asal Timor Leste.                                                                                           

Bila ditelisik menurut sejarah, varietas dari tanaman kopi Hybrido De Timor sendiri pertama kalinya ditemukan pada 1940-an di Pulau Timor yang dahulu masih masuk ke dalam kepulauan Indonesia. Kopi unik yang memiliki karakteristik Arabika, tetapi juga memiliki ketahanan akan kopi robusta.

Namun sayangnya, dengan keunikan yang dimiliki oleh tanaman kopi yang memang hanya tumbuh di pulau sana, tidak dapat membuat Timor Leste bangkit dari keterpurukannya.

 

Fakta Kopi Hybrido De Timor

Varietas hibrida merupakan varietas kopi yang lahir dari proses persilangan beberapa varietas kopi. Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan potensi varietas kopi agar lebih memiliki ketahanan terhadap ancaman tanaman kopi. Tujuan lainnya juga adalah melahirkan tanaman yang baik dan tahan terhadap hama, kondisi tanah, maupun iklim di suatu tempat tertentu.

Kopi hibrida ini sendiri juga merupakan keturunan pertama hasil perkawinan antara dua varietas kopi sehingga dapat mewarisi sifat unggul dari induknya.

Ambil contoh adalah varietas timor yang merupakan persilangan antara kopi arabika dengan robusta. Dan varietasnya lebih dikenal dengan nama Hybrido De Timor.

Tidak hanya di Timor saja, tetapi masih ada beberapa lagi varietas hasil persilangan antara jenis kopi arabika dan robusta. Bogor Prada adalah salah satunya, kopi yang nikmat disajikan dengan drip coffee, yang semakin membuat pecinta kopi semakin cinta.


INGIN BELI KOPI PREMIUM TANPA KELUAR RUMAH? CHECK THIS LINK BELOW!


👉 WHATSAPP

👉 WEBSITE

👉 INSTAGRAM

👉 TOKOPEDIA

👉 BUKALAPAK

👉 FACEBOOK



Mau order atau jadi RESELLER Biko Kopi Premium?

Silakan kontak Whatsapp 08111143999 🤗


Bisa juga dibeli di:

✅ Website 👉 https://kopipremium.id

✅ Shopee 👉 https://shopee.co.id/kopibiko

✅ Tokopedia 👉 https://tokopedia.com/bikocoffee-1

✅ Bukalapak 👉 https://bukalapak.com/u/bikocoffee



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Es Kopi Gula Aren: Racikan Kopi Premium Kekinian Yang Wajib Dicoba di Rumah

Menikmati kopi premium tidak selamanya harus dengan air yang panas, at...